Daftar Isi:
Akhir Februari lalu sebelum wabah virus corona melanda Indonesia, saya sempat berkunjung ke Kota Solo. Menghadiri sebuah rapat komunitas yang saya bergabung di dalamnya. Mau pulang, mampir dulu ke Bogor untuk menjemput ibu. Dari Solo ke Bogor, pilih naik apa? Bagaimana dengan bus?
Baru kali ini naik bus Solo Bogor, ada beberapa PO bus yang melayani rute ini. Karena menyesuaikan beberapa jadwal acara, saya memilih Bus Harapan Jaya Solo Bogor. Dengan jadwal keberangkatan pukul 18:45 dari Terminal Tirtonadi Solo.
Bus ini memiliki kelas executive coach, dengan harga tiket Rp. 240.000. Cukup murah dibanding kalau saya naik pesawat. Dan juga lebih asyik naik bus malam ini. Lama perjalanan sekitar 9-10 jam bisa saya gunakan untuk tidur.
Baca juga:
* Info Terkini Jadwal dan Harga Tiket Bus Medan Banda Aceh
Pesan Tiket
Kalau memesan tiket pesawat sudah sering. Tapi bagaimana cara memesan dan membeli tiket bus secara online yang mudah, cepat, dan praktis? Kita semau sudah tahu lah ya jawabannya.
Cara memesan tiket bus yang paling mudah ya melalui penyedia layanan online tiket bus. Ada satu yang baru saya coba, yaitu RedBus. Jasa pemesanan tiket bus secara online yang mengklaim dirinya terbesar di dunia.
Layanan yang hadir di Indonesia sejak akhir tahun 2018 ini memang memudahkan. Sebelum memesan tiket di sini, saya cari dulu berbagai review yang bagus dan jelek mengenainya.
Kamu bisa pesan tiket melalui laman resmi mereka. Dan kalau sering bepergian dengan bus, bisa unduh dan instal aplikasinya untuk iOS dan android.
Di laman muka aplikasi, saya langsung memasukkan ‘kolom from’ Solo dan ‘kolom to’ Bogor. Journey date, tanggal keberangkatan, 1 Maret 2020. Lalu klik tanda panah ke kanan bewarna putih di dalam lingkaran bewarna merah.
Langsung keluar beberapa pilihan PO bus beserta informasi jadwal keberangkatan dan jadwal tiba. Serta Terminal/loket asal dan tujuan plus harga tiket.
Setelah yakin dengan Bus Harapan Jaya Solo Bogor jadwal keberangkatan pukul 18:45, saya langsung pilih seat (tempat duduk) dan pesan.
Setelah memsan bus dan tempat duduk, saya diminta mengisi data pribadi. Isi alamat email, nomor HP, nama sesuai KTP, usia, jenis kartu identitas, dan nomor kartu identitas. Saya gunakan KTP.
Pembayaran melalui transfer antarbank Mandiri
Setelah mengisi info pelanggan, langkah selanjutnya adalah memilih cara pembayaran. Ada dengan virtual account transfer, bank transfer (manual), GoPay, OVO, Indomare, Alfamart, credit card, dan debit card.
Saya memilih dengan transfer bank melalui Bank Mandiri online. Saya memiliki voucher diskon karena aktif di Local Guide Google. Jadi saya terapkan voucher tersebut untuk mendapat potongan harga 20 persen.
Langsung lakukan pembayaran ke rekening IBIBO Group Indonesia. Sejumlah Rp. 197.054, sudah dikurang diskon plus kode unik.
Ada Masalah Gagal Booking
Setelah melunasi tagihan dan lakukan pembayaran, ternyata ada masalah dengan pemesanan tiket saya. Langsung mucul di layar aplikasi pemberitahuan, “Payment Received” dan “Ticket Not Booked”. Yang artinya pembayaran sudah diterima namun pemesanan tiket gagal booking.
Saya juga menerima notifikasi gagal booking ini di email dan SMS. Isi email sebagai berikut:
Dear Yopie Pangkey,
We are sorry. We received your payment but due to technical glitch we were not able to book your seats.
Our customer care officer will call you in next 30 minutes and book the seats for you. Important Note : Our customer care timings : 7:00 – 23:00 everyday. In case of customer support unavailability , you will receive the refund with in 5-7 working days. Best regards,
Team redBus
E-mail us: support@redbus.id
Phone number: +62-2139706060
Cara Mengatasi
Tidak menunggu lama, sekitar 10 menit, saya mendapat telepon dengan kode Jakarta. Saat saya terima, petugas lansung menyapa dengan ramah dan menjelaskan situasi serta pilihan penyelesaian.
Mau pesan seat berbeda di bus yang sama atau mau refund?
Saya pilih opsi pertama, pilih seat berbeda.
Saya tebak, masalah saya ini karena ada pemesanan tiket yang berbarengan waktunya dengan saya. Yo wis. Bukan masalah besar ini.
Langsung sebutkan mau di seat nomor berapa ke petugas di telepon. Semua beres. Saya langsung dapat notifikasi di sms dan email berisikan kode tiket.
Kode tiket tersebut yang ditukarkan dengan tiket cetak di loket terminal.
Tidur Selama di Perjalanan
Singkat cerita, tanggal 1 Maret 2020 malam saya sudah berada di dari Solo ke Bogor. Benar-benar nyenyak.
Sesekali terbangun, terasa bus melaju dalam kecepatan yang temasuk cepat. Namun pembawaan driver kalem, ngegas dan rem tidak mendadak.
Terbangun pukul 20:00, kenek bus memberikan makanan dalam styrofoam. Berisikan nasi putih, ayam semur 2 potong ukuran kecil, dan tempe. Suka banget ada tempe 😀
Setelah makan kembali tidur. Menjelang subuh terbangun mendengar suara kenek mengumumkan bus akan segera memasuki Kota Bogor.
Loket Bus Harapan Jaya di Solo dan Bogor
Agen/Loket Bus Harapan Jaya Terminal Tirtonadi
Loket No. 17
Telepon: 081-21520271, 0813 6503 5369
Agen/Loket Bus Harapan Jaya Terminal Bogor
Loket Dalam Terminal Baranangsiang
Telepon: (0251) 8318990, 082113638732, 082122541957, 085925164809
Kesimpulan
Perjalanan dengan bus Harapan Jaya rute Solo Bogor termasuk nyaman. Dengan harga tiket dan kenyamanan, ya nilainya sedang lah. Sekali waktu ingin merasakan kelas yang lebih bagus dan mahal 😀
Puas naik Bus Harapan Jaya Solo Bogor, kelas Executive Coach dengan harga tiket Rp. 240.000, jadwal berangkat 18:45 dari Terminal Tirtonadi. Harga tiket sewaktu-waktu busa berubah ya.
Baca juga:
* 7 Pekerjaan yang Menghasilkan Uang Dari Rumah Saat Wabah Corona
Demikian review pesan tiket bus Harapan Jaya Solo Bogor. Pengalaman pesan tiket dan pengalaman naik bus yang mengasyikkan. Saya tiba di Solo sudah waktu subuh.