Fotografi “Di Rumah Aja” Dalam Hitam Putih

By | May 24, 2020
Share Article:
Fotografi BW di rumah aja - yopiefranz.id
Foto-foto di artikel ini bisa kamu lihat di akun instagram saya, @yopiefranz.

Fotografi di rumah aja, salah satu niche/ceruk kecil dari luasnya fotografi. Terutama di saat kita berada di rumah saja selama pandemi covid-19 virus corona.

Mencoba keluar dari rutinitas foto yang sering saya unggah di Instagram, saya mencoba satu ide membuat tema foto hitam putih tanaman di pekarangan rumah.

Baca juga:
* 10 Ide Kreatif yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah Saat WFH

Simak sampai selesai ya, sambil melihat-lihat contoh foto yang saya buat 🙂

Keluar dari Rutinitas

Fotografi Hitam Putih Black and White - yopiefranz.id - Yopie Pangkey - Foto Oppo F5
(Gambar: dok. yopiefranz.id)

Saya biasanya posting foto-foto pariwisata dan ekonomi kreatif. Baik itu budaya, destinasi, kuliner, dan sebagainya. Saya ingin mencoba ide yang sebenarnya sudah dilakukan banyak orang.

Mencoba sesuatu yang keren dan bagus serta indah dilihat. Mencoba membuat foto-foto seperti yang saya lihat di buku foto, pinterest, atau portal stok foto.

Bisa juga dilihat, kembali ke dasar-dasar fotografi. Bermain dengan bentuk, perulangan bentuk, garis/kurva, perulangan garis/perulangan kurva. Serta komposisi warna, dalam hal ini yaitu komposisi penempatan warna hitam dan putih.

Mungkin yang melihat foto-foto saya ini menganggap biasa-biasa saja. Namun saya hanya mencoba mengasah kreativitas diri, keluar dari rutinitas foto yang sering saya upload. Serta rutinitas harian di rumah selama Pembatasan Sosial Besar-besaran (PSBB).

Semua foto yang saya posting satu persatu selama 30 hari ini, semuanya diambil di pekarangan rumah. 1 hari 1 foto hitam putih. Dan semuanya tanaman yang tumbuh di pekarangan.

Yang saya yakini adalah, kita semua bisa belajar kembali fotografi di mana pun kita sedang berada. Bukan hanya di pantai, pegunungan, taman, jalanan. Fotografi di rumah aja juga bisa.

Dan semuanya menggunakan kamera HP smartphone yang tidak mahal, atau HP murah. Mode pemotretan normal standar ala HP. Lalu convert/konversi dari foto warna ke hitam putih menggunakan aplikasi snapseed.

Beberapa saya ambil tanpa peduli apakah itu fokus atau misfokus. Shake dan tidak shake. Yang saya coba hanya berbagi ide, agar kawan-kawan terdekat saya juga bisa mempelajari hal yang sama. Tentu dengan cara kreativitas berbeda.

Rancang Dari Awal Untuk Hitam Putih

Gambar Batang Celosia - Fotografi di rumah aja - yopiefranz.id - Yopie Pangkey - Foto Oppo F5 - 9
Bagian batang tanaman. (Gambar: dok. yopiefranz.id)

‘Fotografi di rumah aja’ kali ini dalam skala hitam putih. Dengan mencari momen dan foto terbaik, edit, lalu posting di hari yang sama. Setiap pagi atau sore sengaja tidak membuat suatu konsep.

Jadi berasa benar-benar berburu foto seperti saat hunting di alam.

Dan bukan mengubah foto bewarna yang kurang bagus menjadi hitam putih agar terlihat bagus. Foto-foto saya ini sudah terlihat bagus saat bewarna. Minimal menurut saya sendiri itu bagus 😀

Lalu tantangannya adalah, belum tentu semua foto bewarna itu tetap bagus saat dikonversi menjadi hitam putih.

Gadget / Kamera HP

Gambar Tanaman Liar - Fotografi di rumah aja - yopiefranz.id - Yopie Pangkey - Foto Oppo F5 - 7
Tanaman liar di dekat teras rumah. (Gambar: dok. yopiefranz.id)

Gadget yang saya gunakan adalah Handphone yang dibuat di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Digadang sebagai ponsel cerdas teratas di Tiongkok pada tahun 2019, OPPO juga menempati peringkat ke-5 di seluruh dunia.

Saya bukan membelinya karena ada fitur beautify. Tapi karena saya anggap kinerjanya cukup untuk kebutuhan kerja saya di rumah. Dan terbukti sudah 2 tahun saya gunakan, masih lumayan hingga sekarang.

Baca uraian singkat mengenai OPPO Electronics Corp di wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/OPPO

Beli di awal bulan Februari 2018 dengan harga jual Rp. 3.999.000. Yang paling banyak saya gunakan adalah berbagai aplikasi, USB thetering untuk online di laptop, serta kameranya tentu saja.

Kamera depan HP Oppo F5, memiliki sensor beresolusi 20MP dan aperture f/2.0. Sedangkan kamera utamanya memiliki resolusi 16 MP, dengan fitur PDAF, f/1.8, LED flash, HDR, dan panorama.

Serta dilengkapi fitur software dalam aplikasi kamera/galeri, untuk kita mengedit foto. Namun saya masih lebih suka menggunakan aplikasi lain untuk edit di Hp.

Soal kualitas foto tentu saja tidak bisa dibandingkan head-to-headn dengan kamera DSLR. Kualitas foto tentu saja sangat kurang. Kualitas ketajaman, bokeh, warna, dan lainnya sangat jauh dibanding DSLR atau mirrorless.

Jadi maklum saja ya kalau kualiats foto yang saya tampilkan di sini banyak kurangnya.

Sumber dan Arah Cahaya

Fotografi di rumah aja - yopiefranz.id - Yopie Pangkey - Foto Oppo F5 - 10.
Backlight. Posisi subyek foto berada di tengah-tengah antara saya dan matahari. (Gambar: dok. yopiefranz.id)

Untuk pencahayaan, saya menggunakan cahaya alami sinar matahari. Sinar matahari pagi, siang, dan sore. Tergantung saya bangun jam berapa 😀

Arah cahaya saya memilih frontal dengan sumber cahaya, matahari. Atau dalam fotografi dikenal dengan backlight atau ahaya belakang. Berarti subyek foto berada di tengah-tengah.

Posisi:
saya – subyek foto -matahari.

Tidak harus persis dalam satu garis lurus. Kira-kira di sudut 45 derajat serong kiri atau kanan juga masih bisa dikatakan backlight.

Saat belajar fotografi dasar, backlight biasanya digunakan untuk subyek yang tembus cahaya. Hal ini dimaksud untuk memunculkan detail dan warna yang lebih kinclong pada permukaan subyek foto.

Dan kamu sudah mengetahui, kebanyakan daun dan bunga itu adalah tembus cahaya. Kamu bisa coba sendiri foto daun atau bunga. Satu dengan cahaya depan dan satu dengan ahaya belakang. Coba bandingkan.

Baca juga:
* 10 Gambar Kupu-kupu Hinggap di Bunga yang Indah dan Lucu

Mood

Kalau hanya foto hitam putih biasanya saja mungkin akan terasa datar ya saat dilihat. Untuk mengatasinya, saya mencoba menambahkan ‘mood’ dalam foto dan dalam narasi.

Mood dalam fotografi adalah suasana foto. Suasana foto bisa dengan natural atau dengan disetting. Sama seperti menciptakan mood dalam narasi dan film.

Mood juga bisa kita bilang, aura suasana hati yang mengelilingi cerita foto.

Dengan memberikan embel-emebl mood, kita mencoba memengaruhi penikmat foto kita secara emosional dan psikologis. Memberikan rasa pada foto dan narasi.

Shoot dan Delete

Gambar Bunga Cucak Rowo - Fotografi di rumah aja - yopiefranz.id - Yopie Pangkey - Foto Oppo F5 - 2
Bunga cucak rowo. (Gambar: dok. yopiefranz.id)

Saat eksekusi ‘hunting foto’, bisa saja saya mengambil banyak foto. Beberapa kali bisa sampai puluhan.

Mungkin sekitar 50 foto paling banyak dalam satu sesi hunting di hari tersebut.

Beberapa kali bahkan hanya sampai maksimal 5 foto. Namun karena sudah cukup puas dan yakin akan mendapat foto hitam putih yang bagus, saya kembali masuk rumah.

Ambil 1 foto yang saya anggap paling bagus. Lalu hapus sisanya. Dalam prakteknya tetap saya simpan beberapa yang sisa. Siapa tahu berguna untuk melengkapi tulisan saya di blog ini.

Konversi ke Hitam Putih

Langkah berikutnya adalah memilah-milah foto. Lalu membukanya di aplkasi snapseed. Terkadang mencoba menjadikan hitam putih beberapa foto. Lalu pilih yang saya anggap paling bagus.

Oya, Snapseed adalah aplikasi editing foto yang diproduksi oleh Nik Software. Nik software ini sekarang sudah menjadi milik Google. Pengguna iOS dan Android bisa unduh snapseed untuk edit foto.

Dengan snapseed di HP kita sudah bisa mengolah foto dengan cukup leluasa. Tersedia fasilitas tune image, curves, crop, white balance, selective, healing, vignette, lens blur, tonal contrast, HDR Scape, Grainy film, vintage, noir, black and white, dan lainnya.

Ada beberapa cara menjadikan foto bewarna menjadi hitam putih di snapseed.

Yang sering saya gunakan adalah melalui ‘Tune Image’. Yaitu dengan menarik setting saturation (saturasi) mentok sampai ujung kiri. Saya lebih senang saja dengan cara ini.

Cara lain yaitu di menu ‘Black & White’. Tersedia setting neutral, contrast, bright, dark, film, dan darken sky di menu ini. Jarang saya eksplorasi menu ini.

Selain konversi ke hitam putih, tentu saja saya juga edit brightness, contrast, ambiance, highlight, dan shadows. Serta menajamkan foto di menu ‘Details’.

Selesai edit foto, klik done. Foto siap dipublish.

Sau cara lagi yang beberapa kali saya gunakan adalah, dengan transfer foto ke laptop. Lalu edit menggunakan software Photoshop.

Di photoshop saya biasa mengubah foto bewarna menjadi hitam putih dengan mengatur saturasi. Lalu sapu menggunakan brush ‘color’.

Jadwal Pemotretan

Saya mencoba tantangan motret setiap hari selama masa pemberlakuan ‘social distancing’ dan ‘phisycal distancing’. Satu hari harus satu foto hitam putih dengan arah cahaya belakang atau backlight. Dan semuanya tanaman.

Saat memotret, yang ada di dalam otak saya adalah gambar akhir akan menjadi hitam putih.

Saat matahari sudan muncul dan mengenai tanaman di pekarangan, saya langsung keluar rumah. Paling cepat bisa 15 menit. Paling lama sekitar 1 jam berburu foto.

Keluar rumah ke pekarangan selama 1 jam maksimal. Mengamati sekilas situasi tanaman, melihat intensitas cahaya, warna, kontras, dan membayangkan hasilnya.

Melihat, mengamati, ambil foto, masuk rumah, pilih foto, edit, unggah foto, hapus foto yang kurang bagus.

Temukan Fotografi di Rumah Aja Ala Kamu Sendiri

Fotografi #dirumahaja - yopiefranz.id - Yopie Pangkey - Foto Oppo F5 - 5
Tanaman Episcia. (Gambar: dok. yopiefranz.id)

Demikian fotografi di rumah aja ala saya selama masa work from home (WFH) saat pandemi covid-19.

Mengangkat foto hitam putih dengan arah cahaya belakang (backlight) pada tanaman di pekarangan.

Baca juga:
* 12 Jenis Fotografi yang Bisa Kamu Pelajari Sebagai Pemula

Bagaimana fotografi di rumah aja menurutmu?

Share Article: