Rumus + Cara Mudah Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

By | June 1, 2020
Share Article:
Trekking di Talang Mulya Lampung- cara menghitung kalori yang dibutuhkan tubuh - rumus kebutuhan kalori - yopiefranz.id - Yopie Pangkey
Saya dan kawan-kawan sedang trekking di Talang Mulya Lampung. Semakin banyak bergerak, semakin butuh banyak kalori setiap harinya. (Gambar: dok. yopiefranz.id)

Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh manusia dalam sehari itu berbeda-beda. Kita tidak bisa menyamaratakan kebutuhan energi per hari semua orang. Apa lagi alasan setiap orang mengetahui kebutuhan kalori itu bisa berbeda-beda.

Sama-sama diet, belum tentu sama jumlah kebutuhan kalorinya dalam satu hari. Walaupun usia dan berat badannya sama. Ada yang diet untuk mempertahankan berat bada. Ada juga yang ingin menurunkan atau menambah berat badan.

Dalam konteks kalori dan tubuh manusia dikenal istilah Basal Metabolic Rate, atau disingkat BMR.

Baca juga:
* 2 Cara Mengukur Gram Tanpa Timbangan, Buat Kue Jadi Lancar

Apa itu BMR?

Basal Metabolic Rate (BMR) adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh manusia dalam menjalankan berbagai fungsinya. Seperti fungsi jantung, otak, ginjal, dan organ-organ lain, saat Anda tidak bergerak sama sekali.

BMR atau basal metabolic rate adalah kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh manusia untuk melakukan aktivitas basal.

Jangan beranggapan kalau tidak melakukan kegiatan apapun tubuh tidak membutuhkan kalori. Perlu diingat, tubuh manusia harus tetap melakukan aktivitasnya.

Seperti jantung yang memompa darah, lambung yang mencerna makanan. Juga ada aktivitas mempertahankan suhu tubuh, membuang racun tubuh, memperbaiki sel mati di tubuh, dan sebagainya.

Jadi, saat tidur pun tubuh kita tetap memerlukan energi.

Kalau sedang diet untuk menurunkan berat badan pun, kamu akan tetap membutuhkan energi.

Bisa baca di laman Wikipedia untuk lebih jelasknya: https://en.wikipedia.org/wiki/Basal_metabolic_rate

Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Tubuh per Hari

cara mengetahui - rumus menghitung kebutuhan kalori
Rutin olahraga bersepeda juga menentukan kebutuhan kalori setiap harinya. (Gambar: dok. Dedi Acad)

Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh per hari adalah tergantung dari jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, usia, dan faktor aktivitas fisik.

Hasil perhitungan dari rumus kebutuhan kalori ini adalah kebutuhan minimal kalori tubuh manusia. Faktor aktivitas fisik juga menentukan.

Orang dengan kegiatan yang jarang bergerak, tentu membutuhkan kalori lebih sedikit dibanding orang dengan aktivitas gerak tubuh tinggi.

Rumus Kebutuhan Kalori

cara menghitung bmr - kalori yang dibutuhkan tubuh manusia dalam sehari - Photo form PxHere
Kamu aktif banget? Coba simak rumus di bawah ini. (Photo form PxHere)

Bagaimana cara menghitung BMR, atau kalori minimal yang dibutuhkan tubuh. Sehingga kita bisa menyesuaikan kebutuhan asupan kalori tanpa memengaruhi kerja tubuh dan kesehatan.

Untuk mengetahuinya, kita perlu informasi; usia, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan.

Cara menghitung BMR saya terangkan di bawah ini adalah rumus Harris-Benedict. Dalam rumus BMR ini membedakan kebutuhan kalori antara pria dan wanita.

Rumus:

BMR Pria = 66 + (13,7 x berat badan) + (5 x tinggi badan) – (6,8 x usia)

BMR Wanita = 655 + (9,6 x berat badan) + (1,8 x tinggi badan) – (4,7 x usia)

Keterangan:
– Berat badan dalam satuan kilogram (kg)
– Tinggi badan dalam satuan sentimeter (cm)

Hasil dari perhitungan rumus Harris-Benedict ini adalah kebutuhan maksimal. Belum disesuaikan dengan aktivitas gerak tubuh.

Aktivitas Fisik:

Aktivitas FisikFaktor Pengali
BMR
Sangat jarang1,2
Jarang
(1-3 hari/minggu)
1,375
Normal
(3-5 hari/minggu)
1,55
Aktif
(6-7 hari/minggu)
1,725
Sangat aktif
(2 kali sehari)
1,9

Contoh Soal Kalori yang Dibutuhkan Tubuh (1)

Joko seorang pria berusia 35 tahun. Joko rutin olahraga sepeda keliling komplek perumahan, 2 kali seminggu. Ditambah jogging raingan, rata-rata 2-3 kali seminggu di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Postur tubuh Joko tinggi besar. Berat badannya 80 kilogram dengan tinggi badan 185 centimeter.

Berapa kebutuhan minimal kalori tubuh Joko dalam sehari. Dan berapa kebutuhan normal kalorinya sesuai dengan aktivitasnya?

Jawab:

Diketahui:
Jenis kelamin = Laki-laki
Usia = 35 tahun
Tinggi badan = 185
Berat badan = 80
Aktivitas = normal

BMR Pria = 66 + (13,7 x berat badan) + (5 x tinggi badan) – (6,8 x usia)
= 66 + (13,7 x 80) + (5 x 185) – (6,8 x 35)
= 66 + 1.096 + 925 – 238
= 1.849

Aktivitas normal = BMR x 1,55
= 1.849 x 1,55
= 2.866

Jadi, setiap harinya Joko membutuhkan minimal 1.849 kalori. Karena lumayan aktif bergerak, maka Joko normalnya membutuhkan 2.865 kalori setiap hari.

Contol Soal Kalori yang Dibutuhkan Tubuh (2)

Rima seorang ibu rumah tangga berusia 40 tahun. Tinggi badan Rima 155 centimeter dengan berat badan 45 kilogram. Bersama suami, Rima selalu olahraga pagi jogging di akhir pekan. Selain itu, Rima hanya menghabiskan waktu santai di rumah. Kegiatan rutin rumahan dibantu oleh asisten rumah tangganya.

Berapa kebutuhan minimal kalori tubuh Rima dalam sehari. Dan berapa kebutuhan normal kalorinya sesuai dengan aktivitasnya?

Jawab:

Diketahui:
Jenis kelamin = wanita
Usia = 40 tahun
Tinggi badan = 155
Berat badan = 45
Aktivitas = aktif

BMR Wanita = 655 + (9,6 x 45) + (1,8 x 155) – (4,7 x 40)
= 655 + 432 + 279 – 188
= 1.178

Aktivitas aktif = BMR x 1,375
= 1.178 x 1,375
= 1.620

Jadi, setiap harinya Rima membutuhkan minimal 1.178 kalori. Karena jarang bergerak, Rima normalnya membutuhkan 1.620 kalori setiap hari.

Baca juga:
* 1 Liter Berapa Gelas? Ini Cara Hitung Mudah dan Cepat

Kesimpulan

Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh manusia per hari tidak sama satu sama lain. Tergantung dari beberapa faktor, seperti; usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan intensitas kegiatan fisik.

Kamu bisa menggunakan rumus menghitung kebutuhan kalori Basal Metabolic Rate (BMR) Harris-Benedict di atas. Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan perhari. Cara menghitung di atas mudah. Bisa ikuti cara menghitung di contoh soal. Semoga bermanfaat.

Share Article: