Amnesty Coffee, Tempat Ngopi Mantap di Bandar Lampung

By | July 19, 2017

Amnesty Coffee – Ada di urutan nomor satu list saya pribadi kalau ada yang bertanya soal tempat ngopi yang mantap di Bandar Lampung. Sebuah kedai kopi yang saya baru tahu keberadaannya di bulan Desember 2016. Namun baru sempat datang dan nongkrong di akhir Februari 2017.

Nama Amnesty Coffee disebut dua kali dalam acara Lampung Coffee Festival (Lacofest) di awal bulan Desember 2016. Amnesty Coffee mendapatkan juara 2 lomba perang barista. Sebuah penghargaan yang menurut saya membawa berkah bagi Amnesty. Semakin hari semakin dikenal oleh pecinta kopi di Lampung.

“Kami bisa juara 2 lomba perang barista itu berkat kopinya mbak Firna. Mbak Firna juga berhasil mendapatkan juara 2 lomba cita rasa dalam acara Lacofest. Mbak Firna ini punya andil besar dalam memajukan kopi fine Robusta Lampung,” Ujar Pemilik Amnesty Coffee, Koh Wildy.

 

amnesty coffee - cafe - tempat ngopi - di bandar lampung - yopie pangkey- 1

Amnesty Coffee.

Lokasi Amnesty Coffee mudah dicari. menempati satu pojokan ruko di Pasar Kangkung, Jalan Sultan Hasanuddin. Di seberang Bank BRI, sudah dekat dengan jalan Laks. Malahayati.

Kita bisa memilih duduk di luar ataupun di dalam. Beberapa kali kemari, saya dan kawan-kawan lebih memilih di dalam. Namun banyak juga pelanggan yang memilih duduk-duduk di luar. Ini soal selera saja.

Ada beberapa varian kopi yang ditawarkan Amnesty Coffee. Ada kopi Robusta Lampung dan luar Lampung. Ada juga kopi-kopi premium asal Indonesia. Dan beberapa kali kemari saya mendapatkan tawaran mencoba minum kopi-kopi Arabika premium dari luar negeri.

amnesty coffee - cafe - tempat ngopi - di bandar lampung - yopie pangkey- 2

Mendapat 2 juara di Lampung Coffee Festival pada bulan Desember 2016.

amnesty coffee - tempat nongkrong di bandar lampung - yopie pangkey

Baca juga: 5 Tempat Ngopi di Bandar Lampung

Cita Rasa Kopi Berkualitas

Kualitas kopi yang ditawarkan sudah OK. Ditambah dengan teknik seduh yang mumpuni.  Koh Wildy owner sekaligus barista utama Amnesty Coffee pun siap menjelaskan mengenai teknik seduh dan cita rasa yang ditimbulkan dari seduhannya. Membuat kita bisa lebih menikmati kopi.

Jujur saja, saya ini bukan ahli soal cita rasa kopi. Tapi bermula dari Amnesty Coffee bersama kawan-kawan penikmat kopi lain saya jadi lebih belajar soal kopi.

Yang pertama kali ajak saya kemari itu koh Iwan Laksmana dan koh Sandy. Belakangan koh Sandy membuka sendiri kedai kopi Flipflop bekerjasama dengan flipflop hostel.

Baik Iwan Laksmana dan Sandy juga memberi referensi bagus buat Amnesty Coffee. Berawal saat saya bertanya kedai kopi mana yang bagus buat saya untuk minum kopi yang serius. Mereka berdua sama-sama menjawab Amnesty Coffee.

Dan memang saat saya perhatikan, Koh Willy selalu menyamakan pelayanan kepada seluruh pelanggannya. Baik yang baru ngopi maupun yang sudah lama ngopi, semuanya dibuatkan dengan maksimal. Dari giling kopinya sampai seduhannya.

Sehingga saat kita menyeruput kopi yang sudah dihidangkan di atas meja, kita bakal merasakan cita rasa kopi-kopi berkualitas koleksi kedai kopinya.

amnesty coffee - tempat ngopi di bandar lampung - yopie pangkey- 6

Pelayanan Unik Amnesty Coffee

Sama seperti di Flipflop Coffee, di Amnesty Coffee kita bisa bincang-bincang dengan ko Wildy seputar kopi dan cara seduhnya.

Lebih serunya lagi, kita bisa belajar menyeduh kopi dengan beberapa teknik seduh. Seperti seorang kawan kami, Rossie Zen, yang memilih Amnesty Coffee sebagai tempat belajar menyeduhnya.

Tanpa mengganggu barista melayani pelanggan lain, kita bisa menyeduh di meja tempat kita duduk. Setelah menyeduh, kita bisa mengobrol lebih lanjut mengenai seduhan tersebut dengan ko Wildy.

Dengan orang-orang seperti ko Wildy, belajar menyeduh kopi jadi lebih nyaman. Tidak perlu menyalah-nyalahkan tentang pengetahuan kopi yang banyak beredari di masyarakat. Kita nikmati saja seduhan kita sendiri.

Koh Wildy sendiri berangkat dari kegemarannya minum kopi dan koleksi kopi dari berbagai roaster terkenal. Kegemarannya mencoba berbagai olahan roaster internasional masih berlangsung sampai sekarang.

Kalau beruntung, kita bisa ikutan mencoba kopi-kopi dengan brand terkenal dari berbagai belahan dunia di Amnesty Coffee. Bukan ikutan nyoba aja ya, tetap bayar lah, hehehe.

amnesty coffee - cafe - tempat ngopi - di bandar lampung - yopie pangkey- 5

Koh Wildy, bermula dari hobi ngopi dan koleksi kopi.

Koleksi Kopi

Sekali waktu, Amnesty Coffee memiliki koleksi Robusta Lampung, Sidikalang, Toraja, Flores, Siantar, Java moka, Ule Kareng.

Koleksi Arabica-nya: Bali Honey, Ciwangi Red Bourbon, Red Honey Gayo, Malabar Natural, Yellow Hybrid, Afro Gayo.

Lalu Panama Geisha Finca Deborah (Beangasm), Ambella Ethiopia (Gardelli-Italy), Quisabony Colombia (Gardelli-Italy), Carlos Imbachi Colombia (Cupping Room-Hongkong), Matyazo Rwanda (April Coffee-Denmark), Kamwangi AA Kenya (April Coffee-Denmark), Kirinyaga Kenya (Talor Jorgen-Norway), dan Hacienda La Esmeralda Geisha (Coffee Collective)

Namun bisa saja saat datang koleksi kopinya berubah. Jangan terlalu patokan dengan yang saya sebut di atas ya.

amnesty coffee - cafe - tempat ngopi - di bandar lampung - yopie pangkey- 3

Cold drip.

amnesty coffee - cafe - tempat ngopi - di bandar lampung - yopie pangkey- 4

Ada klaapertart.

Makanan

Beberapa kali ke Amnesty Coffee, saya bersama istri dan kawan-kawan selalu pesan kue lupis. Rasanya legit banget. Lebih lembut disbanding kue lupis yang sudah pernah saya makan selama ini.

Dihidangkan dalam satu piring ukuran sedang dengan ditaburi parutan kelapa. Sedangkan gula kelapa-nya di dalam wadah terpisah. Jadi kita bisa tuangkan gula kelapa tersebut sesuai selera, banyak atau sedikitnya.

Selain itu ada juga klaapertart, roti panggang keju/coklat, pisang goreng, pisang bakar, kentang goreng, singkong keju, churros, indomie goreng/rebus.

Untuk indomie ada pilihan single dan double. Dan bsia ditambah kikil kalau suka.

Baca juga: Flipflop Coffee, Tempat Ngopi Asik di Bandar Lampung

amnesty coffee - cafe - tempat ngopi - di bandar lampung - yopie pangkey- 8

Mie kikil.

amnesty coffee - cafe - tempat ngopi - di bandar lampung - yopie pangkey- 9

Kue lupis, es krim bakar, dan pisang goreng.

Harga

Harga menu kopi dan minuman lainnya di sini antara Rp 12.000 – Rp 35.000.  Sedangkan makanannya antara Rp. 6.000 – Rp. 18.000.

Masih sangat terjangkau ya.

Jam buka

Saat ini yang saya tahu, Amnesty Coffe bukanya lebih pagi. Buka pukul 09:00 – 23:00. Dan liburnya di hari Senin setiap minggunya.

Rujukan Bagi Penikmat Kopi

Amnesty Coffee sudah buka dari awal 2016. Mulai ramai didatangi penikmat kopi sejak mereka mendapat juara pada gelaran Lampung Coffee Festival di Desember 2016. Yang datang kemari biasanya yang benar-benar ingin menikmati cita rasa kopi.

Tidak sudah kawatir kalau tidak mengerti tentang kopi. Pemilik Amnesty Coffee, Koh Wildy, siap menjelaskan banyak hal mengenai kopi. Dari saat memetik sampai dihidangkan di atas meja. Baik yang benar-benar penikmat atau yang baru mengenal kopi, semua diperlakukan sama. Kualitas rasa yang nomor satu.

Kalau saya ditanya mana tempat ngopi di Bandar Lampung, saya akan jawab Amnesty Coffee. Cocok buat penikmat kopi, yang baru belara ngopi, atau yang cuma temani pasangan yang hobi nongkrong dan ngopi di cafe.

 

Alamat Amnesty Coffee
Jalan Sultan Hasanudin No. A5, Pasar Kangkung,
Bandar Lampung 35221
Instagram: @amnestycoffee

Sharing is caring!

3 thoughts on “Amnesty Coffee, Tempat Ngopi Mantap di Bandar Lampung

  1. Pingback: 5 Tempat Ngopi di Bandar Lampung - Yopie Pangkey

  2. Wildi

    Duh Bang Yopie terbang saya Bang…tolong tarik saya kebawah Bang hehe..btw makasih reviewnya, moga kedepan kita bisa lebih menghargai penggiat kopi khususnya petani sebagai cikal bakal upgrade kopi Indonesia di level dunia.
    Roaster dan kita penyeduh hanya sebagai jembatan untuk merangsang peningkatan kualitas produksi kopi, bukan kuantitas seiring banyaknya pertumbuhan kedai kopi di tanah air, khususnya Lampung.

    Salam

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *