Flipflop Coffee, Tempat Ngopi Asik di Bandar Lampung

By | June 17, 2017

Flipflop Coffee – Di kedai kopi semua orang bisa kenal semua orang. Yang tadinya tidak kenal bisa jadi kenal. Bahkan bisa duduk satu meja walau baru pertama kali ketemu dan kenal. Nah di artikel yopiefranz terbaru kali ini saya bahas salah satu tempat ngopi di Bandar Lampung yang baru muncul.

Flipflop Coffee, salah satu cafe baru di Bandar Lampung. Kedai kopi ini umurnya belum genap dua bulan saat saya menulis artikel ini.

Menjadi salah satu tempat nongkrong favorit saya di Bandar Lampung, sambil ngopi dan ngobrol-ngobrol bersama kawan-kawan dekat.

Sebelum ini saya pernah membahas 5 tempat ngopi di Bandar Lampung di blog ini. Sebenarnya ingin memasukkan Flipflop di artikel tersebut.

Namun koh Sandy, orang di balik dapurnya Flipflop Coffee, bilang nanti saja. Mereka belum siap untuk diekspos saat itu. Apalagi saat ini masih bulan puasa, banyak yang fokus ibadah di malam hari disbanding duduk-duduk di kedai kopi.

Jadi baru sekarang saya coba cerita asiknya ngopi di sini. Simak ya…

flipflop coffee - kedai kopi di bandar lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 9

Belajar Taste Kopi

Sama dari dulu, saat ini saya bukan ahlinya minum kopi. Belum segitunya sampe tau betul taste, flavor, dan aroma kopi yang saya minum.

Tapi belakangan, sejak sering kumpul bareng koh Sandy ini, saya jadi tertarik dengan yang namanya merasakan taste kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Dan tentu saja kopi fine Robusta Lampung.

Salah satu tempat ideal saya belajar merasakan taste kopi, ya Flipflop Coffee ini salah satunya.

flipflop coffee - cafe di bandar lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 6

Flipflop Coffee hanya menyediakan kopi, makanan lain bisa pesan di Grannys Nest yang bersebelahan.

Flipflop Coffee di Flipflop Hostel

Flipflop Coffee berada di lantai dasar Flipflop Hostel. Pertama kali datang saat saya menginap di Flipflop Hostel, salah satu penginapan murah di Bandar Lampung yang menawarkan kenyamanan dengan harga yang sangat terjangkau masyarakat umum.

Pertama kali masuk, saya sudah terbayang mau mencoba koleksi kopinya. Apa tamu-tamu hostel lain berpikir yang sama ya.

Koh Sandy bilang, banyak tamu wisatawan mancanegara yang langsung terpikat dengan seduhan kopi Lampung-nya.  Jadi jawabannya iya, tamu-tamu hostel banyak yang penasaran pingin minum kopi juga di Flipflop Coffee.

Beberapa minta dibuatkan dengan seduhan lokal. Sudah kebayang bukan rasa kopi tubruk Lampung?

Menjadi pelengkap Flipflop Hostel, Flipflop Coffee tetap bisa mendatangkan penikmati kopi yang tinggal di Bandar Lampung. Termasuk saya dan kawan-kawan. Juga wisatawan nusantara serta wisatawan mancanegara.

flipflop coffee - tempat ngopi di bandar lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 3

Koleksi Kopi Flipflop Coffee

Flipflop Coffee menawarkan kopi-kopi berkualitas dan bercitarasa tinggi. Mereka selalu ada koleksi baru kopi Arabika dari berbagai daerah di Indonesia. Dan tentu saja tak ketinggalan Fine Robusta Lampung.

Beberapa metode seduh sudah pasti standar dimiliki oleh owner dan baristanya.  Kopi berkualitas dipadu dengan metode seduh tertentu, untuk memaksimalkan rasa dan memanjakan lidah kita.

Beberapa kali kemari saya sudah cicipi Arabika Preanger Jawa Barat, Gayo, Papua, Toraja, Bali, dan sebagainya.

Dan yang paling saya suka dan tunggu-tunggu adalah koleksi kopi Fine Robusta dari Lampung Barat. Tidak setiap saat ada. Kalau ada biasanya cepat habisnya.

Rasa dan aroma kopi Fine Robusta Lampung Barat ini mirip-mirip dengan Arabika lho. Cobain aja sendiri, datang ke kedai kopi ini.

flipflop coffee - cafe di bandar lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 2

Sebagian koleksi kopinya.

flipflop coffee - cafe di bandar lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 5

Sering-sering cicip cita rasa kopi dari luar daerah/negeri juga. (foto dengan kamera mirrorless Nikon 1 J5, @focusone.id)

Pelayanan Unik

Ada yang beda dengan cafe/kedai kopi kekinian yang ada di Bandar Lampung. Di Flipflop Coffee  kita bisa belajar sekilas tentang kopi.

Mulai dari diskusi mengenai tahap-tahap pengolahan biji kopi berkualitas sampai menjadi secangkir kopi di atas meja.

Selain itu, owner dan baristanya tidak segan-segan bertanya pendapat kita tentang kopi yang kita minum. Juga mereka tak segan untuk berbagi ilmu seputar kopi dan pengolahannya.

Sandi yang memang sudah bertahun-tahun malang melintang di dunia kopi ini mengatakan, memasuki dunia kopi ini untuk persahabatan.

Bukan hanya bahas kualitas dan cara seduhnya. Mempunyai banyak teman ngopi juga menjadi salah satu tagline-nya.

Pengalaman saya pribadi ngopi dengan Sandi, saya merasa nyaman. Kita berasa menjadi ahli dengan sendirinya. Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Kira-kira begitu lah kalau kita belajar tentang kopi bersamanya.

flipflop coffee - cafe di bandar lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 4

Fasilitas Flipflop Coffee

Flipflop Coffee menyediakan tempat duduk luar ruangan. Di halaman depan terdapat 2 (dua set) bangku kursi yang bisa menampung 8-10 orang. Untuk pengunjung yang ingin merokok bisa duduk di sini.

Ruang dalam dilengkapi dengan 2 (dua) AC. Ada 4 meja yang bisa disesuaikan kalau kita datang beramai-ramai. Suasana di dalam pun nyaman, saya bisa betah  duduk berlama-lama di sini.

Apalagi tersedia wifi gratis milik hostel yang bisa kita akses gratis.

flipflop coffee - cafe baru di bandar lampung - yopie pangkey - keliling lampung - 7

Suasana Akrab Kedai Kopi

Seperti kedai kopi lainnya, di sini kita merasakan hal yang sama. Yang tadinya kurang begitu akrab bisa menjadi sangat akrab di kedai kopi.

Ada sebuah istilah ‘bahasa kita sama’, yaitu ‘bahasa kopi’. Meskipun dari latar belakang yang berbeda, di kedai kopi bahasa kita sama. Semua jadi akrab.

Kalau datang sendirian, jangan ragu untuk ajak ngobrol barista atau pemiliknya. Baristanya, ko Sandi, akan menyambut obrolan kita. Tanya sebanyak-banyaknya tentang kopi yang kita minum. Dia akan menjelaskan dengan suka cita.

Berkali-kali saya datang ke salah satu cafe baru di Bandar Lampung ini, semakin banyak teman yang saya dapat. Nongkrong bersama kawan atau istri jadi terasa menyenangkan.

Mau coba rasanya, datang saja langsung ke Flipflop Coffee. Yuuuk…!!

 

Sharing is caring!

10 thoughts on “Flipflop Coffee, Tempat Ngopi Asik di Bandar Lampung

  1. Pingback: 5 Tempat Ngopi di Bandar Lampung - Yopie Pangkey

  2. Donna Imelda

    Klop deh antara tempat nginep dan ngobrol2 santai. Nanti kita jadwalkan pas aku ke Lampung yo mas. Mau ngobrol2 syantiek juga sama Mbak Rahma

    Reply
  3. Daniel Indrawan

    Nah ini tempat ngopi yang asik di bandar lampung, wajib dicoba

    Reply
  4. Gie Simatupang

    Tempat bisa share & bljar buat kopi enak + nyaman buat kumpul bareng kawan

    Reply
  5. Evi

    Saya juga baru tahu tentang kopi hanya pahit dan manis. Jadi kalau mampir ke cafe yang menyuguhkan kopi sekaligus pengetahuannya tentu akan sangat menarik. Ditambah lagi pelayanan yang ramah dan mau menjawab pertanyaan-pertanyaan kita sekitar kopi, jadi tempat ini tak sekedar untuk ngopi dan enak tapi juga menambah pengetahuan. Semoga sukses cafenya untuk Koh Daniel

    Reply
  6. Pingback: Amnesty Coffee, Tempat Ngopi Mantap di Bandar Lampung - Yopie Pangkey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *